Samsuri, Samsuri and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Campuran Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN Trimulyo 02 Juwana Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (965kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
JUDUL_SKRISPSI.pdf Download (766kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf Download (245kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru belum menerapkan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif namun masih banyak menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Trimulyo 02 Juwana Pati belum mencapai nilai ketuntasan yang optimal. Masalah yang dirumuskan : “Apakah kemampuan hitung campuran dapat ditingkatkan melalui model make a match pada siswa kelas IV SD Trimulyo 02 Juwana Pati Tahun Pelajaran 2013/2014?” Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK dengan menggunakan 3 siklus , masing masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Trimulyo 02 Juwana Pati sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data adalah obsevasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknis analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi jumlah, skor minimal-maksimal, prosentase, membandingkan dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika siswa tentang operasi hitung campuran,setelah menggunakan model make a match. Hal ini nampak pada perbandingan nilai rata-rata pada kondisi pra siklus sebesar 53,07, pada siklus I naik menjadi 67,69, pada siklus II 76,92, dan pada siklus III 81,53. Adapun peningkatan persentasi hasil belajar klasikal pada kondisi pra siklus 26,92%, siklus I naik menjadi 57,69%,siklus II naik menajdi 88,46%, dan pada siklus III naik menjadi 92,30%. Saran bagi guru matematika agar selalu menciptakan suasana pembelajaran yang menjadikan siswa senang, aktif dan kreatif dalam belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan operasi hitung, Model Make a match, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Sep 2014 09:58 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 04:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30168 |
Actions (login required)
View Item |