Rahayu, Denta Fitriana and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Krajan Jatinom Kabupaten Klaten Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_.pdf Download (551kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (80kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Denta Fitriana Rahayu, NIM.A54B111002 Judul Skripsi : ”Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri 3 Krajan Jatinom Kebupaten, Klaten Tahun 2013/2014”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta Surakarta, 2013/2014, 93 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS tentang Permasalahan Sosial Di Lingkungan setempat melalui Pendekatan kontekstual siswa Kelas IV SD Negeri 3 Krajan, Jatinom. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Krajan Tahun 2013/2014 yang berjumlah 19 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan serta guru kelas IV. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data aspek kognitif dengan tes tertulis dan data tentang aspek afektif dan psikomotorik menggunakan lembar pengamatan. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk membandingkan hasil antar siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan prestasi belajar IPS. Peningkatan prestasi belajar menunjukkan kemajuan dari kondisi awal ratarata sebesar 63,68, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi sebesar 68,68, dan setelah diberi tindakan pada siklus II menjadi sebesar 78,42. Ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 31,58 %, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi sebesar 52,63 %, dan setelah diberi tindakan pada siklus II menjadi sebesar 84,21 %. Berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan : “Diduga penggunaan pendekatan kontektual dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Krajan, Jatinom, Klaten Tahun 2013/2014” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar IPS, Pendekatan Kontekstual. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Sep 2014 07:19 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 04:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30161 |
Actions (login required)
View Item |