Supriyanto, Danang and , Drs. Samino, M.M. (2014) Pengelolaan Pendidikan Bahasa Jawa Dalam Meningkatkan Kesantunan Berbicara Siswa Di Sekolah (Studi Kasus di MI Muhammadiyah Ngasem Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (186kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (753kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Bahasa Jawa dalam upaya meningkatkan kesantunan berbicara siswa di MI Muhammadiyah Ngasem; (2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Bahasa Jawa dalam upaya meningkatkan kesantunan berbicara siswa di MI Muhammadiyah Ngasem; (3) Evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran Pendidikan Bahasa Jawa sebagai upaya meningkatkan kesantunan berbicara siswa di MI Muhammadiyah Ngasem. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Sumber data terdiri atas informan, tempat (peristiwa), dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Wawancara mendalam (2) Observasi (3) Dokumentasi. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan dalam pembelajaran pendidikan Bahasa Jawa di MI Muhammadiyah Ngasem yakni dengan mempelajari silabus, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan menyiapkan materi ajar. (2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan Bahasa Jawa di MI Muhammadiyah Ngasem terbagi ke dalam aktivitas fisik berupa penyampaian materi melalui bentuk cerita, kesenian, karya tulis serta presentasi berbahasa dan aktivitas psikis berupa bentuk interaksi di kelas antara siswa dan guru melalui pertanyaan dan pernyataan. Bentuk tuturan siswa kurang santun banyak yang luput dari perbaikan dari guru. (3) Evalusi pembelajaran pendidikan Bahasa Jawa di MI Muhammadiyah Ngasem diberikan dalam bentuk penugasan secara tertulis berupa: Pekerjaan Rumah (PR), tugas harian, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) serta penugasan tidak tertulis berupa: penilain ketrampilan berbicara yakni lewat penilaian macapat, geguritan dan pacelathon serta penilaian langsung terhadap perilaku berbicara siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan; pembelajaran; pendidikan; bahasa jawa; kesantunan; berbicara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 14:49 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 12:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30143 |
Actions (login required)
View Item |