Irwanti, Cahyani Gama and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Implementasi Pendekatan Realistic Mathematic Education Dengan Model Numbered Head Together Dan Teams Games Tournament Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa (Eksperimen pada siswa kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (619kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (69kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (512kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar, (2) adanya pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar, (3) interaksi antara model pembelajaran Numbered Head Together dan Teams Games Tournament ditinjau dari keaktifan siswa terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini, semua siswa kelas X SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian terdiri dua kelas, yaitu X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dikenai pendekatan realistik Numbered Head Together dan X TKJ 1 sebagai kelas kontrol dikenai pendekatan realistik Teams Games Tournament. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling. Metode pengumpulan data dengan metode tes, angket, dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji pasca anava dengan metode Scheffe. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan realistik Numbered Head Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar matematika, dengan FA = 4, 267 (2) Ada pengaruh perbedaan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan FB = 9,171 (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika dengan Fhitung = 0,10542.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan dan hasil belajar; numbered head together; realistik; teams games tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 09:12 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 20:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30113 |
Actions (login required)
View Item |