Implementasi Pendekatan Realistic Mathematic Education Dengan Model Numbered Head Together Dan Teams Games Tournament Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa (Eksperimen pada siswa kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

Irwanti, Cahyani Gama and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Implementasi Pendekatan Realistic Mathematic Education Dengan Model Numbered Head Together Dan Teams Games Tournament Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa (Eksperimen pada siswa kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (619kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (512kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar, (2) adanya pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar, (3) interaksi antara model pembelajaran Numbered Head Together dan Teams Games Tournament ditinjau dari keaktifan siswa terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini, semua siswa kelas X SMK Batik 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian terdiri dua kelas, yaitu X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dikenai pendekatan realistik Numbered Head Together dan X TKJ 1 sebagai kelas kontrol dikenai pendekatan realistik Teams Games Tournament. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling. Metode pengumpulan data dengan metode tes, angket, dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji pasca anava dengan metode Scheffe. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan realistik Numbered Head Together dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar matematika, dengan FA = 4, 267 (2) Ada pengaruh perbedaan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan FB = 9,171 (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika dengan Fhitung = 0,10542.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan dan hasil belajar; numbered head together; realistik; teams games tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Sep 2014 09:12
Last Modified: 17 Oct 2021 20:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30113

Actions (login required)

View Item View Item