Meuraxa, Zuraida Nur Fikriana and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2014) Analisis Hambatan Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA Batik 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (720kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (320kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (811kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (653kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan penggunaan TIK dalam pembelajaran Matematika di SMA Batik 2 Surakarta. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 & X IPA 2, serta guru Matematika SMA Batik 2 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain : angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data ini diuji dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ketersediaan TIK di SMA Batik 2 Surakarta cukup memadai dengan kondisi TIK yang baik, (2) literasi TIK siswa dan guru Matematika SMA Batik 2 Surakarta dalam kategori yang cukup baik (3) hambatan penggunaan TIK dalam pembelajaran Matematika di SMA Batik 2 Surakarta adalah porsi penggunaan TIK dalam pembelajaran Matematika yang masih rendah, porsi aktivitas profesional guru yang difasilitasi oleh TIK masih kurang, dan persepsi guru Matematika yang salah terhadap pengintegrasian TIK dalam pembelajaran Matematika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat kita simpulkan bahwa literasi TIK yang baik dari siswa dan guru tidak dimanfaatkan dengan baik dalam pembelajaran Matematika. Kurangnya ketersediaan komputer di kelas menjadikan pembelajaran Matematika kurang optimal. Selain itu, kurangnya kesadaran dari guru untuk mengintegrasikan TIK ke dalam pembelajaran Matematika, membuat siswa memandang sebelah mata peran TIK dalam pembelajaran Matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TIK, literasi TIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 13:17 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 02:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30100 |
Actions (login required)
View Item |