Eksperimen Pembelajaran Matematika Melalui Metode Jigsaw Dan Group Investigation Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2013/2014

Wicaksana, Setia Hadi and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Eksperimen Pembelajaran Matematika Melalui Metode Jigsaw Dan Group Investigation Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (749kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pembelajaran matematika melalui metode jigsaw dan group investigation ditinjau dari aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Gatak kelas VII semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 7 kelas dari VIIA hingga VIIG. Total sampel penelitian ini adalah 64 siswa, terdiri dari 32 siswa untuk kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif metode Group Investigation (GI) dan 32 siswa pada kelas control dengan pembelajaran kooperatif metode Jigsaw. Teknik pengumpulan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda metode scheffe. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan metode Jigsaw dan Group Investigation (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar siswa (3) Terdapat efek dari metode pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi luas dan keliling bangun datar segitiga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: jigsaw, group investigation, aktivitas belajar matematika siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 09 Sep 2014 12:38
Last Modified: 14 Oct 2021 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30093

Actions (login required)

View Item View Item