Wicaksana, Setia Hadi and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Eksperimen Pembelajaran Matematika Melalui Metode Jigsaw Dan Group Investigation Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (749kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pembelajaran matematika melalui metode jigsaw dan group investigation ditinjau dari aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Gatak kelas VII semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 7 kelas dari VIIA hingga VIIG. Total sampel penelitian ini adalah 64 siswa, terdiri dari 32 siswa untuk kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif metode Group Investigation (GI) dan 32 siswa pada kelas control dengan pembelajaran kooperatif metode Jigsaw. Teknik pengumpulan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda metode scheffe. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan metode Jigsaw dan Group Investigation (2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar siswa (3) Terdapat efek dari metode pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi luas dan keliling bangun datar segitiga.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jigsaw, group investigation, aktivitas belajar matematika siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 12:38 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 03:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30093 |
Actions (login required)
View Item |