Dani, Vermaningsih and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2014) Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi Kelas X Sma Se–Kecamatan Boyolali Dalam Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (DAPUS)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kompetensi pendagogis yang dimiliki guru meliputi menyusun rencana pembelajaran, menilai prestasi belajar peserta didik, melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserta didik. Penilaian pada tahun ajaran 2013/2014 memakai kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi mengandung 3 aspek yaitu sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru mata pelajaran biologi kelas X SMA se–Kecamatan Boyolali dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumenter dan observasi. Data yang diperoleh berupa Rencana perangkat Pembelajaran (RPP) buatan guru mata pelajaran biologi kelas X SMA se-Kecamatan Boyolali semester 1 tahun ajaran 2013/2014. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh komponen penyusunan instrumen target konsep penilaian 93,75%, pelaporan hasil penilaian 100%, merancang kegiatan penilaian sikap, pengetahuan, keterampilan 68,75%, melakukan penilaian kompetensi sikap 81,25%, melakukan penilaian kompetensi pengetahuan 100%, melakukan penilaian kompetensi keterampilan 75% dan memfasilitasi penilaian oleh siswa 34,38%. Umumnya penyebab rendahnya memfasilitasi penilaian oleh siswa adalah tidak dilengkapi instrumen penilaian oleh siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian, guru, mata pelajaran biologi, kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 12:18 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 19:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30089 |
Actions (login required)
View Item |