Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi Kelas X Sma Se–Kecamatan Boyolali Dalam Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013

Dani, Vermaningsih and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2014) Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi Kelas X Sma Se–Kecamatan Boyolali Dalam Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (DAPUS)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi pendagogis yang dimiliki guru meliputi menyusun rencana pembelajaran, menilai prestasi belajar peserta didik, melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserta didik. Penilaian pada tahun ajaran 2013/2014 memakai kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi mengandung 3 aspek yaitu sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru mata pelajaran biologi kelas X SMA se–Kecamatan Boyolali dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumenter dan observasi. Data yang diperoleh berupa Rencana perangkat Pembelajaran (RPP) buatan guru mata pelajaran biologi kelas X SMA se-Kecamatan Boyolali semester 1 tahun ajaran 2013/2014. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh komponen penyusunan instrumen target konsep penilaian 93,75%, pelaporan hasil penilaian 100%, merancang kegiatan penilaian sikap, pengetahuan, keterampilan 68,75%, melakukan penilaian kompetensi sikap 81,25%, melakukan penilaian kompetensi pengetahuan 100%, melakukan penilaian kompetensi keterampilan 75% dan memfasilitasi penilaian oleh siswa 34,38%. Umumnya penyebab rendahnya memfasilitasi penilaian oleh siswa adalah tidak dilengkapi instrumen penilaian oleh siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian, guru, mata pelajaran biologi, kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 09 Sep 2014 12:18
Last Modified: 18 Oct 2021 19:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30089

Actions (login required)

View Item View Item