Pramessiwi, Dinda Riski and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si.. (2014) Karakteristik Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Tunagrahita Kelas X/C (Studi kasus di SLB Negeri Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (10MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa tunagrahita di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa kelas X/C yang terdapat di SLB Negeri Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Untuk menganalisis data menerapkan model analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakteristik pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa tunagrahita di SMALB ialah dalam menggunakan silabus dan RPP mengadopsi dari sekolah reguler dan disesuaikan dengan kondisi siswa. Permulaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMALB dengan melakukan flash back materi pertemuan sebelumnya, dalam penggunaan alat bantu pembelajaran dan sumber belajar harus disesuaikan dengan kondisi siswa tunagrahita, dan dalam pembelajaran guru wajib mengkaitkan pembelajaran dengan kegiatan secara nyata. Penjabaran materi dilakukan oleh guru kemudian kalau siswa sudah mengerti dilanjutkan tanya jawab. Umpan balik dalam pembelajaran menjadi salah satu interaksi antara guru dengan murid dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, sehingga menghasilkan hasil belajar tersebut menjadi tolak ukur sejauh mana siswa memahami pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang diajarkan oleh guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Luar Biasa, Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 05 Sep 2014 15:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30040 |
Actions (login required)
View Item |