Purwanti, Anik and , Drs. Joko Suwandi, SE., M.Pd, (2014) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Pada Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (390kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (195kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VIII di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014; 2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VIII di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VIII di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Kartasura. Populasi dalam penelitian ini secara nyata dapat diidentifikasi dengan jelas, karena sifat dan identitas responden terdeteksi oleh sekolah. Sampel diambil sebanyak 121 siswa kelas VIII SMP, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda (uji t) memperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,847 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 11,9%; 2) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Hasil analisis regresi linear berganda memperoleh thitung > ttabel, yaitu 6,421 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 26,6%; dan 3) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Hal ini dapat dilihat dari analisis uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 36,920 > 3,073 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,385 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2013/2014 adalah sebesar 38,5% sedangkan 61,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, lingkungan belajar dan prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 03 Sep 2014 16:59 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 06:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30015 |
Actions (login required)
View Item |