Wulandari, Sri and , Drs. H. Sudarto, HS., M.M and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2014) Pengaruh Lingkungan Pergaulan Remaja Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal.depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (211kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (58kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (516kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh lingkungan pergaulan remaja terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu; 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu; 3) Pengaruh lingkungan pergaulan remaja dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu.Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu yaitu 234 siswa. Sampel diambil sebanyak 59 siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relative dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 62,382+0,072X1+0,118X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh lingkungan pergaulan remaja dan motivasi belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan pergaulan remaja terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu tahun pelajaran 2013/2014 dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,031 > 2,003 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,004 dengan sumbangan efektif sebesar 14,52%; 2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 5,681 > 2,003 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 37,20%; 3) Ada pengaruh yang signifikan lingkungan pergaulan remaja dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 32,302 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,536 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antara lingkungan pergaulan remaja dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 53,6%, sedangkan 46,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Pergaulan Remaja, Motivasai Belajar, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 03 Sep 2014 12:13 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 03:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30000 |
Actions (login required)
View Item |