Manfaat Edukasi Gizi Dengan Media Kartun Terhadap Pengetahuan Tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) Pada Siswa Sekolah Dasar Di SD Muhammadiyah 16 Surakarta

Indah Hesditiana, Anita and , Muwakhidah, SKM., M.Kes and , Rully Sudaryanto. S.Sit., Gz (2014) Manfaat Edukasi Gizi Dengan Media Kartun Terhadap Pengetahuan Tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) Pada Siswa Sekolah Dasar Di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (333kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (167kB)

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan gizi merupakan suatu upaya untuk membuat masyarakat sadar akan pentingnya gizi, pendidikan juga merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Upaya sosialisasi dan penyampaian pesan-pesan gizi melalui Pesan Umum Gizi Seimbang sebagai bagian dari pendidikan gizi menjadi unsur penting dalam memperbaiki pola konsumsi pangan. Tujuan Penelitian: Mengetahui manfaat edukasi gizi dengan menggunakan media kartun terhadap pengetahuan PUGS pada siswa Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Metode Penelitian: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental study dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan 5 yang terdiri dari tiga kelas, yaitu kelas a, b, dan c di SD Muhammadiyah 16 Surakarta dengan jumlah 216 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan random sampling, jumlah sampel penelitian adalah sebesar 68 siswa. Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan edukasi gizi diperoleh nilai rata-rata tingkat pengetahuan sebesar 62,31 sedangkan setelah diberikan edukasi gizi diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,99. Melalui uji Paired Sample diperoleh p=0,002 yang mana p<0,05 maka Ho ditolak. Kesimpulan: Ada perbedaan pengetahuan tentang PUGS sebelum dan setelah diberikan edukasi gizi dengan media kartun pada siswa Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Kata kunci: edukasi gizi, pengetahuan, PUGS. Kepustakaan: 53 : 2000-2013

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: edukasi gizi, pengetahuan, PUGS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 02 Sep 2014 12:36
Last Modified: 16 Sep 2022 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29991

Actions (login required)

View Item View Item