Hartanto, Hartanto and Masduki, (2014) KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA KELAS VII SMP N 2 BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (381kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan)
Surat_Pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
||
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (108kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (209kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru, kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional terkait implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika. Informan dalam penelitian ini adalah dua guru matematika kelas VII di SMP Negeri 2 Boyolali. Data yang dikumpulkan menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif melalui 4 alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika kelas VII di SMP Negeri 2 Boyolali telah mampu menerapkan pembelajaran matematika berbasis Kurikulum 2013 sesuai dengan Undang-Undang Nomer 16 tahun 2007. Guru matematika kelas VII telah menerapkan 10 indikator kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru sesuai Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007. Kemampuan guru matematika dalam pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai tuntutan Kurikulum 2013. Selain itu diperoleh data tentang permasalahan yang muncul dalam implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran matematika, yaitu ketidaksesuaian kompetensi inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada buku pedoman siswa, ketidakruntutan materi pada buku pengangan siswa serta kurangnya contoh soal yang ada dalam buku pedoman guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman guru, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kurikulum 2013 |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 27 Aug 2014 13:24 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 03:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29942 |
Actions (login required)
View Item |