Ariyanti, Titik and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Tentang Bangun Ruang Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Bantuan Benda Konkrit Kelas IV SDN Jambean 02 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf Download (572kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (514kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (196kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan bantuan benda konkrit. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jambean 02 yang berjumlah 32 peserta didik. Sedangkan obyeknya adalah kemampuan, benda konkrit, dan mata pelajaran Matematika Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, post test dan wawancara. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan evaluasi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan bantuan benda konkrit. Teknik Analisis Data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Matematika dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I prosentase kemampuan peserta didik sebesar 74% dan pada siklus II sebesar 90% serta pada siklus III sebesar 94%. Hal ini membuktikan bahwa dengan bantuan benda konkrit dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Peserta didik, Bantuan Benda Konkrit, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 27 Aug 2014 12:19 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 03:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29938 |
Actions (login required)
View Item |