Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Melalui Penggunaan Media Sempoa Pada Siswa Kelas VD SDLB N Margorejo Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Cahyono, Sapto Hadi and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Melalui Penggunaan Media Sempoa Pada Siswa Kelas VD SDLB N Margorejo Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (456kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (539kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran matematika melalui media sempoa. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V dan guru SDLB N Margorejo pada tanggal 26 Mei sampai 2 Juni 2014. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 3 siklus, siklus pertama, kedua, dan ketiga dilakukan masing-masing satu kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas V SDN SDLB N Margorejo yang berjumlah 10 siswa dan obyeknya adalah kemampuan berhtung siswa serta media sempoa.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi, Indikator kemampuan berhitung siswa pada mata pelajaran matematika adalah sebagai berikut: (1) menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis; (2) menjelaskan langkah atau memberi alasan terhadap penyelesaian soal; (3) menerapkan operasi penyelesaian untuk memperoleh penyelesaian soal; (4) mengenal prosedur pemecahan yang benar dan tidak benar.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas V SDLB N Margorejo setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media sempoa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I, siklus II, dan Siklus III. Pada tahap pra siklus diketahui kemampuan berhitung siswa rendah dengan presentase 30%. Pada siklus I terdapat kemampuan berhitung siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase 57,87%, kemampuan berhitung siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang baik dengan presentase 81,2% kemudian dimantapkan kembali pada siklus III mengalami peningkatan 92% dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan berhitung siswa dengan penerapan media sempoa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, kemampuan berhitung matematika, media sempoa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2014 12:11
Last Modified: 15 Oct 2021 03:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29937

Actions (login required)

View Item View Item