Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Permainan Tradisional Sunda Manda Pada Anak Kelompok B Tk Krikilan I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

BINGATUN, ANHASTASIA SRI UMI and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Permainan Tradisional Sunda Manda Pada Anak Kelompok B Tk Krikilan I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
00_DEPAN.pdf

Download (641kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
01_BAB_1.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (BAB II)
02_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (BAB III)
03_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (BAB IV)
04_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (BAB V)
05_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
06_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
08_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (981kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian anak Taman Kanak-kanak Krikilan I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok B Taman Kanak-kanak Krikilan I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 20 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan adalah metode observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen dalam penelitian adalah lembar observasi yang terdiri dari 7 indikator yang dijabarkan menjadi 10 butir amatan. Dari hasil pengamatan diperoleh hasil sebelum diadakan pembelajaran (Pra Siklus) rata-rata prosentase kemandirian anak sebesar 35 % dengan status perkembangan Mulai Berkembang (MB). Kemudian setelah dilakukan pembelajaran Siklus I rata-rata prosentase kemandirian anak sebesar 65% dengan status perkembangan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Kemudian disempurnakan dengan diadakan pembelajaran Siklus II rata-rata prosentase kemandirian anak sebesar 95% dengan status perkembangan Berkembang Sangat Baik (BSB). Sehingga dari hasil pra siklus sampai dilakukan pembelajaran Siklus II dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui permainan tradisional sunda manda dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok B di TK Krikilan I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kemandirian, Permainan Tradisional Sunda Manda
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 26 Aug 2014 13:04
Last Modified: 20 Oct 2021 05:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29935

Actions (login required)

View Item View Item