Mengembangkan Kreatifitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi Karangtengah, Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

SUWARINI, SUWARINI and , Dra. Surtikanti.,SH.,M.Pd (2014) Mengembangkan Kreatifitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi Karangtengah, Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman Depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (916kB)
[img]
Preview
PDF (bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (BAB II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (BAB III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (BAB IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (BAB V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas anak melalui kegiatan finger painting pada kelompok B di TK Pertiwi Karangtengah Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak melalui kegiatan finger painting. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan dua siklus, yaitu yang setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan finger painting dapat mengembangkan kreatifitas anak. Hal ini terbukti adanya pengembangan kreatifitas anak dari pra siklus ke siklus I dan siklus II, pada pra siklus keadaan kreatifitas anak mencapai 38,3% indikator keberhasilan sebesar 38,3 %, yaitu dari 15 anak, terdapat 13 anak (87%) mayoritas anak mulai berkembang (MB). Sedangkan pada siklus I pencapaian indikator keberhasilan sebesar 64,0% dengan kemampuan anak menggambar dengan jari meningkat dari 38,3%, sehingga pada siklus I ini mayoritas anak berkembang sesuai harapan (BSH) yaitu sebanyak 14 anak (93,3%). Dan untuk tindakan pada siklus II pencapaian indikator keberhasilan sebesar 80,0%, hal ini menunjukkan bahwa mayoritas anak berkembang sangat baik (BSB), yaitu sebanyak 12 anak (80%). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa dengan kegiatan finger painting ini dapat mengembangkan kreatifitas anak pada kelompok B di TK Pertiwi Karangtengah, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas, Finger Painting
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 26 Aug 2014 11:59
Last Modified: 20 Oct 2021 04:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29933

Actions (login required)

View Item View Item