Rahmah, Citra Samsu Nur and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo Tahun 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf Download (349kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (707kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari aktivitas belajar siswa, (3) perbedaan efek pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK MUHAMMADIYAH 2 SUKOHARJO. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 167 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X TKJ dan X Garmen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket aktifitas belajar siswa, metode tes hasil belajar matematika, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil penelitian pada = 5%, diperoleh: (1) terdapat perbedaan efek penerapan pembelajaran (saintifik dengan model PBL dan konfensional) terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat perbedaan efek tingkat aktifitas belajar siswa (tinggi, sedang, rendah) terhadap hasil belajar siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara penerapan pendekatan pembelajaran dan aktifitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Saintifik, Problem Based Learning, PBL, Aktifitas Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2014 12:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29930 |
Actions (login required)
View Item |