Kendala Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMA N 1 Wirosari Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014

Eviani, Nur and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Kendala Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMA N 1 Wirosari Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (491kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala pembelajaran matematika dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA N 1 Wirosari Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan sumber data kepala sekolah, guru matematika, dan siswa kelas X. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model alir, untuk menghubungkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kurikulum 2013 di SMA N 1 Wirosari sudah berjalan dibuktikan dengan indikator keefektifan pembelajaran yakni, a) Ketuntasan belajar siswa, dalam tiga aspek penilaian (sikap, pengetahuan dan keterampilan) sudah memenuhi aturan kurikulum 2013. b) Kemampuan guru mengelola pembelajaran, guru sudah mampu menyusun silabus dan RPP, namun dalam pelaksanaan implementasinya belum berjalan terutama dalam penggunaan pendekatan pembelajaran. c) Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, untuk keaktifan bertanya sudah berjalan namun dalam keaktifan mencari materi tambahan (referensi) belum berjalan. 2) Pelaksanaan proses pembelajaran matematika implementasi kurikulum 2013 menemui beberapa kendala meliputi faktor dari guru, alokasi waktu, karakteristik siswa dan sarana prasarana.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kendala pembelajaran, kurikulum 2013, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2014 12:07
Last Modified: 14 Oct 2021 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29928

Actions (login required)

View Item View Item