Eviani, Nur and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Kendala Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMA N 1 Wirosari Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (325kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (491kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (204kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
||
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala pembelajaran matematika dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA N 1 Wirosari Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan sumber data kepala sekolah, guru matematika, dan siswa kelas X. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model alir, untuk menghubungkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kurikulum 2013 di SMA N 1 Wirosari sudah berjalan dibuktikan dengan indikator keefektifan pembelajaran yakni, a) Ketuntasan belajar siswa, dalam tiga aspek penilaian (sikap, pengetahuan dan keterampilan) sudah memenuhi aturan kurikulum 2013. b) Kemampuan guru mengelola pembelajaran, guru sudah mampu menyusun silabus dan RPP, namun dalam pelaksanaan implementasinya belum berjalan terutama dalam penggunaan pendekatan pembelajaran. c) Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, untuk keaktifan bertanya sudah berjalan namun dalam keaktifan mencari materi tambahan (referensi) belum berjalan. 2) Pelaksanaan proses pembelajaran matematika implementasi kurikulum 2013 menemui beberapa kendala meliputi faktor dari guru, alokasi waktu, karakteristik siswa dan sarana prasarana.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kendala pembelajaran, kurikulum 2013, matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2014 12:07 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29928 |
Actions (login required)
View Item |