Septiarso, Tedy Maulana and , Dr. Nafron Hasjim, (2014) Nilai-Nilai Edukatif Dalam Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pengajaran Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (753kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (750kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur pembangun novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi, (2) memaparkan nilai-nilai edukatif yang terdapat dalam novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi, (3) mendeskripsikan implementasi nilai-nilai edukatif dalam novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi sebagai bahan ajar di SMA. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi. Data yang digunakan adalah kalimat, dan paragraf yang mengandung nilai-nilai edukatif dalam novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi. Adapun sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah artikel, resensi novel yang terkait dengan novel Rantau 1 Muara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan teknik simak-catat. Teknik validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teori. Berdasarkan analisis struktural, tema dalam novel Rantau 1 Muara adalah perjuangan untuk mencapai cita-cita dan perjalanan hidup untuk mencari tempat berkarya, pencarian belahan jiwa. Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju. Tokoh-tokoh yang dianalisis adalah Alif, Amak, Randai, Dinara, Pasus, Mas Aji, Mas Malaka, Mas Garuda. Latar cerita dalam novel Rantau 1 Muara terdiri dari latar tempat, latar sosial, dan latar waktu. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan delapan nilai edukatif yang terdapat dalam novel Rantau 1 Muara. Delapan nilai edukatif tersebut adalah 1) nilai kejujuran, 2) nilai tanggung jawab, 3) nilai kerja sama atau tolong menolong, 4) nilai kebahagiaan, 5) nilai cinta dan kasih sayang yang meliputi (a) cinta terhadap keluarga; (b) cinta terhadap tuhan; (c) cinta terhadap sesama, 6) nilai toleransi, 7) nilai kesederhanaan, (8) nilai penghargaan. Hasil penelitian novel Rantau 1 Muara karya Ahmad Fuadi dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sastra di SMA, sesuai dengan Standar Kompetensi 7 “memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan” dan kompetensi dasar 7.2 “menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan”. Dalam novel Rantau 1 Muara terdapat unsur-unsur pembangun novel yang dapat dianalisis oleh peserta didik
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Novel Rantau 1 Muara, Nilai-Nilai Edukatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2014 13:05 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29870 |
Actions (login required)
View Item |