Khotijah, Siti and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Bahan Alam Pada Anak Kelompok A Di TK Hudalloh Karangnongko Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (939kB) |
Abstract
Kemampuan kognitif merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari, karena semua aktifitas dalam kehidupan memerlukan kemampuan ini. Oleh karena itu alangkah baiknya kalau dalam Pendidikan Anak Usia Dini diperlukan kemampuan untuk berfikir secara nyata melalui berbagai permainan yang menarik bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak dalam mengklasifikasi benda pada kelompok A di TK Hudalloh Karangnongko karena kemampuan kogitifnya masih rendah, hal ini terbukti dari 20 anak baru ada 6 anak yang kemampuan kognitifnya bagus. Penelitian ini dilakukan melalui bermain dengan media bahan alam. Dengan bermain dengan media bahan alam, anak akan merasa senang dan kelihatan lebih aktif karena dihadapkan dengan benda aslinya dan proses pembelajaran tidak terasa membosankan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Data yang dikumpulkan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak adalah dengan observasi dan catatan lapangan dengan tehnik analisis komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak pada pra siklus 30% setelah dilakukan tindakan siklus I mencapai 55%, pada siklus II mencapai 85%, total peningkatan mencapai 55%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan bermain dengan media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan kognitif, media bahan alam |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 14 Aug 2014 12:37 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 01:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29859 |
Actions (login required)
View Item |