Wijayanto, Andi and , Drs. Nur Chusni, SE.,M.Ag (2014) Pengaruh Komunikasi Siswa Dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas VII SMP N 2 Colomadu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (431kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran )
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (970kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP N 2 Colomadu. 2) Untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP N 2 Colomadu. 3) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi siswa dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMP N 2 Colomadu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Colomadu sebanyak 200 siswa. Dalam penelitian ini pengambilan sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan jenis angket langsung dan tertutup, sehingga responden hanya tinggal memberi tanda salah satu alternatif jawaban yang dipilih. Berdasarkan hasil analisis data persamaan regresi linier sebagai berikut Y = 66,971 + 0,167X1+ 0,137X2 dan analisis serta pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis pertama diketahui bahwa koefisien regresi dari variabel komunikasi siswa (b1) adalah sebesar 3,518, sehingga diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,518 > 2,272 dan nilai signifikansi < 0,05. Hasil uji hipotesis kedua diketahui bahwa koefisien arah regresi dari variabel (b2) adalah sebesar 2,752 sehingga diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,752 > 2,272 dan nilai signifikansi < 0,05. Hasil uji F diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 11,713 > 3,928 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Hal ini berarti komunikasi siswa dan keaktifan siswa secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Sedangkan variabel komunikasi siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 60% dan sumbangan efektif 10,9%. Variabel keaktifan siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 40% dan sumbangan efektif 7,2%. Dengan demikian dari kedua variabel tersebut memberikan sumbangan efektif sebesar 18,1%, dan bisa dikatakan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel prestasi belajar. Sedang sisanya yang 81.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Siswa, Keaktifan Siswa dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Aug 2014 08:16 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29842 |
Actions (login required)
View Item |