Irfani, Ayu widya and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. and , Sri Slamet S,Pd., M.Hum. (2014) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah 01 Sroyo, Jaten, Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (477kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (506kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah tentang upaya meningkatkan kecerdasan Naturalis anak melalui metode proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis anak dengan menggunakan metode proyek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data tentang kecerdasan naturalis pada anak yang diambil melalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 25 anak dan guru TK Aisyiyah 01 Sroyo. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan naturalis anak melalui metode proyek. Peningkatan tersebut yaitu pada siklus I mencapai rata-rata penilaian anak 60% dengan peningkatan dari prasiklus sebesar 15%. Pada siklus II mencapai rata-rata penilaian anak 81,4 % dengan peningkatan mencapai 21,4%. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil pembelajaran kecerdasan naturalis anak dalam satu kelas sebelum tindakan 45%, siklus I mencapai 60%, dan siklus II 81,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode proyek dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak kelompok B di TK Aisyiyah 01 Sroyo.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan naturalis, metode proyek |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 16 Jul 2014 13:02 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29813 |
Actions (login required)
View Item |