Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah 01 Sroyo, Jaten, Karanganyar

Irfani, Ayu widya and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. and , Sri Slamet S,Pd., M.Hum. (2014) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah 01 Sroyo, Jaten, Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (477kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (506kB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang upaya meningkatkan kecerdasan Naturalis anak melalui metode proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan naturalis anak dengan menggunakan metode proyek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data tentang kecerdasan naturalis pada anak yang diambil melalui metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 25 anak dan guru TK Aisyiyah 01 Sroyo. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan naturalis anak melalui metode proyek. Peningkatan tersebut yaitu pada siklus I mencapai rata-rata penilaian anak 60% dengan peningkatan dari prasiklus sebesar 15%. Pada siklus II mencapai rata-rata penilaian anak 81,4 % dengan peningkatan mencapai 21,4%. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil pembelajaran kecerdasan naturalis anak dalam satu kelas sebelum tindakan 45%, siklus I mencapai 60%, dan siklus II 81,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode proyek dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak kelompok B di TK Aisyiyah 01 Sroyo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan naturalis, metode proyek
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2014 13:02
Last Modified: 19 Oct 2021 12:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29813

Actions (login required)

View Item View Item