Wardani, Shinta Pramudya and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. (2014) Penanaman Karakter Disiplin Dan Kerja Keras Pada Anak-Anak Keluarga Pedagang (Studi Kasus di Pasar Raya Gentan, Baki, Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (321kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (695kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (191kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (895kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk penanaman karakter disiplin dan kerja keras pada anak-anak keluarga pedagang di Pasar Raya Gentan, Baki, Sukoharjo, mengidentifikasikan hambatan yang dialami oleh orang tua keluarga pedagang di Pasar Raya Gentan, Baki, Sukoharjo dalam menanamkan karakter disiplin dan kerja keras pada anak-anaknya, dan mengidentifikasikan solusi yang dilakukan oleh orang tua keluarga pedagang di Pasar Raya Gentan, Baki, Sukoharjo dalam menghadapi hambatan ketika menanamkan karakter disiplin dan kerja keras pada anak-anaknya. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Untuk menganalisis data menerapkan model analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bentuk penanaman karakter disiplin dan kerja keras ialah membiasakan sejak kecil contoh-contoh pekerjaan agar anak dapat menerapkannya, memberikan pengarahan secara pelan-pelan tentang baik dan buruk dengan membiasakan mencuci piring serta merapikan tempat tidur, membiasakan membuat jadwal dengan memberikan tugas rumah pada anak, mengajarkan pada anak untuk mengulang lagi pekerjaan yang belum tuntas dengan memotivasinya, menyemangati anak dengan sebuah hadiah bila mendapatkan suatu prestasi, dan ikut membantu pekerjaan yang dilakukan orang tua. Hambatan yang dialami ialah rasa malas, membantah, kebiasaan menonton televisi, tidak mau menanggapi nasehat karena capek, perasaan bersalah, dan kesibukan anak dalam menjalani kegiatannya sehari-hari. Solusi yang dilakukan ialah dengan memberikan pengarahan, ancaman, mendiamkan, memberikan nasehat, memberikan motivasi berupa hadiah, dan ikut membantu kegiatan anak di rumah
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman, Disiplin, Kerja keras, Keluarga, Pedagang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 06:11 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29809 |
Actions (login required)
View Item |