Ibrahim, Faizal Yunus and , Dr. Sumardi, M.Si and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Minat Siswa Melalui Permainan Trading Card Game Mathematicards Pada Siswa Kelas VIII SMP 2 Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
9rr._naskah_publikasi.pdf Download (401kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
2._halaman_depan.pdf Download (783kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._bab_2.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Bab II)
5._bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (BabIII)
6._bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab V)
7._bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
|
PDF (Dafta Pustaka)
8._daftar_pustaka.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat matematika siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media Trading Card Game (TCG) rancangan peneliti yang diberi nama Mathematicards. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Boyolali yang berjumlah 24 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII E. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat siswa pada matematika. Hal ini dapat dilihat dari 1) minat siswa untuk menjawab pertanyaan secara lisan sebelum tindakan 45% dan setelah tindakan 83%, 2) minat siswa untuk bertanya mengenai materi sebelum tindakan 29% dan setelah tindakan 87%, serta 3) minat siswa untuk bertindak aktif dalam diskusi sebelum tindakan 50% dan setelah tindakan 75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan TCG Mathematicards dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat siswa pada matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Trading Card Game (TCG |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Jul 2014 07:32 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29789 |
Actions (login required)
View Item |