Penanganan Disgrafia Pada Anak Di TK Bustanul Athfal Aisyiyah 8 Magetan Jawa Timur Tahun Ajaran 2013/2014

Tri S., Septi and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd and , Drs. Haryono Yuwono, S.E. (2014) Penanganan Disgrafia Pada Anak Di TK Bustanul Athfal Aisyiyah 8 Magetan Jawa Timur Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (366kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penanganan anak disgrafia; dan 2) mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat dan mendukung penanganan anak disgrafia di TK Bus tanul Athfal Aisyiyah 8 Magetan Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif tanpa pengujian statistik. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang mengalami disgrafia dan guru di TK Bustanul Athfal Aisyiyah 8 Magetan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penanganan anak disgrafia di TK Bustanul Athfal Aisyiyah 8 Magetan Jawa Timur dilakukan dengan teknik scaffolding dan teknik finger painting. Teknik Scaffolding adalah teknik latihan menulis dengan cara memberikan tugas berupa menghubungkan titik-titik membentuk huruf atau angka. Sedangkan teknik finger painting adalah teknik melukis dengan jari, melatih pengembangan imajinasi, memperhalus kemampuan motorik halus, dan mengasah bakat seni, khususnya seni rupa. Teknik finger painting ternyata lebih efektif dalam me ngatasi kesulitan menulis anak; (2) Faktor penghambat dalam penanganan anak disgrafia di TK Bustanul Athfal Aisyiyah 8 Magetan Jawa Timur adalah anak cenderung bermain sendiri, anak tidak tertarik dengan kegiatan yang ada, membuat kotor ruangan dan dapat menggangu kelas lain, serta kurangnya media yang dapat digunakan. Faktor pendukung penanganan disgrafia adalah media yang sederhana dan mudah diaplikasikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disgrafia, Penanganan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2014 09:07
Last Modified: 19 Oct 2021 11:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29770

Actions (login required)

View Item View Item