Tri S., Septi and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd and , Drs. Haryono Yuwono, S.E. (2014) Penanganan Disgrafia Pada Anak Di TK Bustanul Athfal Aisyiyah 8 Magetan Jawa Timur Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (384kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_Lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (366kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penanganan anak disgrafia; dan 2) mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat dan mendukung penanganan anak disgrafia di TK Bus tanul Athfal Aisyiyah 8 Magetan Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif tanpa pengujian statistik. Subjek dalam penelitian ini adalah anak yang mengalami disgrafia dan guru di TK Bustanul Athfal Aisyiyah 8 Magetan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penanganan anak disgrafia di TK Bustanul Athfal Aisyiyah 8 Magetan Jawa Timur dilakukan dengan teknik scaffolding dan teknik finger painting. Teknik Scaffolding adalah teknik latihan menulis dengan cara memberikan tugas berupa menghubungkan titik-titik membentuk huruf atau angka. Sedangkan teknik finger painting adalah teknik melukis dengan jari, melatih pengembangan imajinasi, memperhalus kemampuan motorik halus, dan mengasah bakat seni, khususnya seni rupa. Teknik finger painting ternyata lebih efektif dalam me ngatasi kesulitan menulis anak; (2) Faktor penghambat dalam penanganan anak disgrafia di TK Bustanul Athfal Aisyiyah 8 Magetan Jawa Timur adalah anak cenderung bermain sendiri, anak tidak tertarik dengan kegiatan yang ada, membuat kotor ruangan dan dapat menggangu kelas lain, serta kurangnya media yang dapat digunakan. Faktor pendukung penanganan disgrafia adalah media yang sederhana dan mudah diaplikasikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disgrafia, Penanganan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 08 Jul 2014 09:07 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29770 |
Actions (login required)
View Item |