Kurniawati, Rohmah and , Dra. Hj. Sri Gunarsih, S.H., M.H. (2014) Penanaman Karakter Tanggung Jawab Siswa Pada Pelaksanaan Ulangan Harian Dalam Mata Pelajaran PKn (Studi kasus: Siswa Kelas VII B MTs Muhammadiyah 07 Klego Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (193kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-HALAMAN_DEPAN.pdf Download (238kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman karakter tanggung jawab siswa pada pelaksanaan ulangan harian dalam mata pelajaran PKn siswa kelas VII B MTs Muhammadiyah 07 Klego Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Strategi penelitian ini adalah studi kasus tunggal terpancang dengan subjeknya adalah kepala sekolah, guru, siswa kelas VII B MTs Muhammadiyah 07 Klego Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Metode penggumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan dua macam trianggulasi yaitu sumber data dan penggumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan yaitu (1) penanaman karakter tanggung jawab siswa pada pelaksanaan ulangan harian dalam mata pelajaran PKn telah diupayakan guru dan kepala sekolah hal tersebut telah diapresiasikan oleh peserta didik, antara lain mengerjakan soal ulangan sendiri tanpa bantuan orang lain, belajar mandiri; (2) Kendala dalam menanamkan karakter tanggung jawab siswa pada pelaksanaan ulangan harian dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, lebih banyak datang dari siswa yaitu kurangnya motivasi diri; (3) Solusi dari masing-masing masalah dalam menanamkan karakter tanggung jawab siswa pada pelaksanaan ulangan harian dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan selalu memberi motivasi, dorongan untuk belajar lebih giat dan memberi fasilitas dalam belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Tanggung Jawab, Ulangan Harian, Siswa Kelas VII B MTs Muhammadiyah 07Klego |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 09:22 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 22:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29729 |
Actions (login required)
View Item |