Umar, Ahmad and , Drs. Joko Suwandi, SE., M.Pd, (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII I Sekolah Menengah Pertama Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (31MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada siswa kelas VIII I Sekolah Menengah Pertama Al Islam 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis deskripstif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII I Sekolah Menengah Pertama Al Islam 1 Surakarta yang berjumlah 21 siswa. Subjek pelaksana tindakan adalah guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dibantu oleh peneliti. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Prosedur dalam Penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan teknik komparasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Hal ini dapat terlihat dari: 1) adanya hasrat keinginan untuk berhasil, 2) adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, 3) adanya harapan dan cita-cita masa depan, 4) adanya penghargaan dalam belajar, 5) adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, 6) adanya lingkungan belajar yang kondusif. Sebelum pelaksanaan siklus rata-rata motivasi siswa sebesar 31,76%. Pada siklus I rata-rata motivasi siswa sebesar 53,97%. Pada siklus II rata-rata motivasi siswa sebesar 81,74%. Dan hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan siklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 19,05%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 28,57%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85,71%. Hal ini berarti peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melebihi indikator keberhasilan yakni 75%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII I Sekolah Menengah Pertama Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/214.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing, motivasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 07:26 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 14:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29718 |
Actions (login required)
View Item |