Gumilang, Taufik Fajar and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Implementasi Model Pembelajaran Generative Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (518kB) |
|
|
PDF (HalamaN Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (384kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Bab Ii)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (200kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Generative. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari indikator berpikir kritis 1) siswa yang dapat membuktikan suatu pernyataan sebelum tindakan 23,5% dan setelah tindakan 72%, 2) siswa yang dapat menyelesaikan masalah sebelum tindakan 48,5% dan setelah tindakan 80%, 3) siswa yang dapat menarik kesimpulan sebelum tindakan 8% dan setelah tindakan 72%. Sedangkan indikator prestasi, siswa mencapai standar ketuntasan minimal (KKM ≥70) sebelum tindakan 8% dan setelah tindakan 88%.Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Generative dapat meningkatkan kemampuan berpikir krtits dan prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis, prestasi, model pembelajaran Generative |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Jul 2014 09:56 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29696 |
Actions (login required)
View Item |