Widhiastuti, Herlina Tri and , Drs. Sumardi,M.Si (2014) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Berbentuk Cerita Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII Semester Gasal Smp Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (933kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (178kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengetahui persentase, letak kesalahan terbanyak serta penyebabnya dalam menyelesaikan soal uraian matematika berbentuk cerita pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari aspek kesalahan membaca (reading errors), kesalahan memahami (comprehension errors), kesalahan transformasi (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skills errors) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding errors). Informan penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali. Data dikumpulkan menggunakan metode pokok yaitu tes, metode bantu berupa metode wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data melalui 3 alur yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan persentase kesalahan membaca sebesar 34,19% tergolong rendah, kesalahan memahami sebesar 38,71% tergolong rendah, kesalahan transformasi soal sebesar 47,10% tergolong sedang, kesalahan keterampilan proses sebesar 69,68% tergolong tinggi dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 70,32% tergolong tinggi. Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa, wawancara, observasi bahwa kesalahan penulisan jawaban akhir merupakan kesalahan paling banyak dilakukan siswa yang disebabkan lupa dan cenderung malas menuliskan kesimpulan akhir serta kurang terbiasa mengerjakan soal cerita dengan langkah terperinci dan urut.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, kesalahan, pembelajaran matematika, soal cerita, sistem persamaan linier dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Jul 2014 09:16 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 03:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29694 |
Actions (login required)
View Item |