Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Berbentuk Cerita Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII Semester Gasal Smp Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Widhiastuti, Herlina Tri and , Drs. Sumardi,M.Si (2014) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Berbentuk Cerita Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII Semester Gasal Smp Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (933kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengetahui persentase, letak kesalahan terbanyak serta penyebabnya dalam menyelesaikan soal uraian matematika berbentuk cerita pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari aspek kesalahan membaca (reading errors), kesalahan memahami (comprehension errors), kesalahan transformasi (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skills errors) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding errors). Informan penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali. Data dikumpulkan menggunakan metode pokok yaitu tes, metode bantu berupa metode wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data melalui 3 alur yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan persentase kesalahan membaca sebesar 34,19% tergolong rendah, kesalahan memahami sebesar 38,71% tergolong rendah, kesalahan transformasi soal sebesar 47,10% tergolong sedang, kesalahan keterampilan proses sebesar 69,68% tergolong tinggi dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 70,32% tergolong tinggi. Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa, wawancara, observasi bahwa kesalahan penulisan jawaban akhir merupakan kesalahan paling banyak dilakukan siswa yang disebabkan lupa dan cenderung malas menuliskan kesimpulan akhir serta kurang terbiasa mengerjakan soal cerita dengan langkah terperinci dan urut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis, kesalahan, pembelajaran matematika, soal cerita, sistem persamaan linier dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Jul 2014 09:16
Last Modified: 14 Oct 2021 03:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29694

Actions (login required)

View Item View Item