Sari, Navila Sita and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Flash Card Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Ngroto Gubug Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf Download (6MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan menerapkan media pembelajaran Flash Card. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan kelas adalah siswa kelas I SD Negeri 2 Ngroto yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara.. Validitas data menggunakan tehnik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan meengambil kesimpulan lalu verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan siswa meningkatkan konsentrasi membaca sebelum tindakan 14 siswa (56%) siklus II meningkat menjadi 21 siswa (84%), 2) Kemampuan siswa tidak mengulang bacaan sebelum tindakan 13 siswa (52%) siklus II meningkat menjadi 23 siswa (92%), 3) Kemampuan siswa membaca dengan baik dan benar sebelum tindakan 11 siswa (44%) siklus II meningkat menjadi 19 siswa (76%). Rata-rata nilai hasil belajar Pra siklus 65,8, siklus II 78,8. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran Flash Card dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas I SD Negeri 2 Ngroto Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca, Flash Card |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 01 Jul 2014 06:04 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 00:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29659 |
Actions (login required)
View Item |