Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014

Rahmawati, Novian and , Drs. Sudarto, HS. MM (2014) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (703kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (147kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kedisiplian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA N 1 Kartasura; 2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA N 1 Kartasura; dan 3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pada siswa kelas X SMA N 1 Kartasura. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Penelitian ini mengambil lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Kartasura, Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini secara nyata dapat diidentifikasi dengan jelas, karena sifat dan identitas responden terdeteksi oleh manajemen atau sekolah sejumlah 320 siswa dan sampel diambil sebanyak 170 siswa, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji t dan uji F, selain itu dilakukan pula perhitungan koefisien determinasi, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura Tahun 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi linier ganda (uji t) memperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,013 > 1,974 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 16,1%; 2) Lingkungan sekolah positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura Tahun 2013/2014. Hasil analisis regresi linier ganda memperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,683 > 1,974 dan nilai signifikansi � 0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 10,3%; dan 3) Kedisiplinan belajar dan lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura Tahun 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari analisis uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 29,979 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,050 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,264 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kedisiplinan belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura Tahun 2013/2014 adalah sebesar 26,4% sedangkan 73,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Lingkungan Sekolah dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Jun 2014 07:38
Last Modified: 19 Oct 2021 13:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29632

Actions (login required)

View Item View Item