Huda, Ahmad Fatkhul and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2014) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia LCD Proyektor Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N I Taruman Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (457kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._Hal_Depan.pdf Download (541kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (170kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan media pembelajaran berbasis multimedia pada siswa kelas IV SD N 1 Taruman tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N 1 Taruman dengan jumlah 19 siswa. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pra siklus ditemukan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA masih menggunakan media konvensional tanpa disertai media apapun terhitung rendah dengan indikator memperhatikan penjelasan guru 57,89 %, mengajukan pertanyaan 26,31 %, menjawab pertanyaan 21.05 %, kerjasama dalam kelompok diskusi 36,84 % dan berani menyampaikan gagasan atau ide 26,31 %. Pada siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar indikator memperhatikan penjelasan guru dari 81,57% menjadi 94,73 %, mengajukan pertanyaan dari 60,52 % menjadi 78,94 % , menjawab pertanyaan dari 60,52 % menjadi 84,2 %, kerjasama dalam kelompok diskusi dari 63,15 % menjadi 89,47 %, berani menyampaikan gagasan atau ide dari 49,99 % menjadi 76,31 %. Dan meningkatnya hasil belajar ditandai dengan tercapainya ketuntasan nilai tes siswa yaitu pada pra siklus siswa yang tuntas 21,05 %, pada siklus I meningkat 52,63 % dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 89,47 %. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis multimedia LCD Proyektor dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD N 1 Taruman tahun ajaran 2013/2014..
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, motivasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 30 Jun 2014 07:07 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 00:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29627 |
Actions (login required)
View Item |