Peningkatan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Wonobodro 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2013/2014

Kinanti, Gendhis Ayu and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Wonobodro 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA bagi siswa kelas V SD Negeri Wonobodro 01 Batang melalui penerapan strategi pembelajaran TAI (Teams Assisted Individualization). Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam peneltian ini adalah guru peneliti dan siswa kelas V SD Negeri Wonobodro 01 yang berjumlah 35 siswa, yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Prosedur dari Penelitian ini adalah berbentuk siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar IPA. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan belaja IPA pada pra siklus 60 %, pada siklus I meningkat menjadi 57,14% dan pada sklus II meingkat menjadi 84%. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melalui strategi TAI (Teams Assisted Individualization) dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada kelas V SD Negeri Wonobodro 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Belajar, IPA, TAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2014 06:40
Last Modified: 20 Oct 2021 00:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29623

Actions (login required)

View Item View Item