Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah BA Masaran 1 Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Hastuti, Rini and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah BA Masaran 1 Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (802kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (230kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengimplementasi media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Aisyiyah BA Masaran 1 Masaran Sragen. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan Kepala Sekolah. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif model alur, dengan dua siklus, yang setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Dari hasil penelitian ini telah menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan membaca anak TK Aisyiyah BA masaran 1 Masaran sragen melalui media pembelajaran kartu kata bergambar. Prosentase sebelum dilakukan tindakan sampai dengan siklus II yaitu sebelum tindakan 37,27%, siklus I 57,84%, dan siklus II 83,29%. Kesimpulannya yaitu penelitian ini adalah dengan melalui media pembelajaran kartu kata gambar mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di TK Aisyiyah BA Masaran 1 Masaran Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca, kartu kata bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 27 Jun 2014 12:36
Last Modified: 19 Oct 2021 11:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29617

Actions (login required)

View Item View Item