Larasati, Dyah Ayu and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si (2014) Pemahaman Materi Manajemen Keuangan Ditinjau Dari Persepsi Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Dan Variasi Mengajar Dosen Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (179kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (882kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi tentang penggunaan media pembelajaran terhadap pemahaman materi manajemen keuangan, 2) Pengaruh variasi mengajar dosen terhadap pemahaman materi manajemen keuangan, 3) Pengaruh persepsi tentang penggunaan media pembelajaran dan variasi mengajar dosen terhadap pemahaman materi manajemen keuangan. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kuantitatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2011 yang berjumlah 147mahasiswa dengan sampel 105mahasiswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya dilakukan penelitian, angket telah diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 10,312+ 0,379X1 + 0,329X2yang artinya pemahaman materi manajemen keuangan dipengaruhi oleh persepsi tentang penggunaan media pembelajaran dan variasi mengajar dosen. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Persepsi tentang penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap pemahaman materi manajemen keuangan pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011 UMS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,916> 1,983 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,004. 2) Variasi Mengajar dosen berpengaruh positif terhadap pemahaman materi manajemen keuangan pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011 UMS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,233> 1,983 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Persepsi tentang penggunaan media pembelajaran dan variasi mengajar terhadap pemahaman materi manajemen keuangan pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011 UMS. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung> Ftabel yaitu 31,105>3,085 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 38,46% dan sumbangan efektif sebesar 14,58%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 61,5% dan sumbangan efektif sebesar 23,31%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,379, berarti 37,9% pemahaman materi manajemen keuangan dipengaruhi oleh persepsi tentang penggunaan media pembelajaran dan variasi mengajar, sisanya sebesar 62,1% dipengaruhi variabel di luar penelitian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi tentang Penggunaan Media Pembelajaran, Variasi Mengajar Dosen, Pemahaman Materi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Jun 2014 11:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29612 |
Actions (login required)
View Item |