Pemahaman Materi Manajemen Keuangan Ditinjau Dari Persepsi Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Dan Variasi Mengajar Dosen Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012

Larasati, Dyah Ayu and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si (2014) Pemahaman Materi Manajemen Keuangan Ditinjau Dari Persepsi Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Dan Variasi Mengajar Dosen Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (882kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi tentang penggunaan media pembelajaran terhadap pemahaman materi manajemen keuangan, 2) Pengaruh variasi mengajar dosen terhadap pemahaman materi manajemen keuangan, 3) Pengaruh persepsi tentang penggunaan media pembelajaran dan variasi mengajar dosen terhadap pemahaman materi manajemen keuangan. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kuantitatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2011 yang berjumlah 147mahasiswa dengan sampel 105mahasiswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya dilakukan penelitian, angket telah diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 10,312+ 0,379X1 + 0,329X2yang artinya pemahaman materi manajemen keuangan dipengaruhi oleh persepsi tentang penggunaan media pembelajaran dan variasi mengajar dosen. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Persepsi tentang penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif terhadap pemahaman materi manajemen keuangan pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011 UMS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,916> 1,983 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,004. 2) Variasi Mengajar dosen berpengaruh positif terhadap pemahaman materi manajemen keuangan pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011 UMS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,233> 1,983 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 3) Persepsi tentang penggunaan media pembelajaran dan variasi mengajar terhadap pemahaman materi manajemen keuangan pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011 UMS. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung> Ftabel yaitu 31,105>3,085 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 38,46% dan sumbangan efektif sebesar 14,58%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 61,5% dan sumbangan efektif sebesar 23,31%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,379, berarti 37,9% pemahaman materi manajemen keuangan dipengaruhi oleh persepsi tentang penggunaan media pembelajaran dan variasi mengajar, sisanya sebesar 62,1% dipengaruhi variabel di luar penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi tentang Penggunaan Media Pembelajaran, Variasi Mengajar Dosen, Pemahaman Materi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jun 2014 11:55
Last Modified: 19 Oct 2021 02:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29612

Actions (login required)

View Item View Item