Novitasari, Indah and , Drs. Djumali, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Index Card Match Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas VII D Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (761kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (683kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui strategi Index Card Match pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu kelas VII D di SMP Negeri 3 Kartasura. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan data kualitatif yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D di SMP Negeri 3 Kartasura yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Indikator yang akan dicapai dalam prosentase keaktifan siswa sebesar 70% dari 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian keaktifan siswa pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 39,41%. Sedangkan dari hasil penerapan strategi Index Card Match pada siklus I prosentase keaktifan siswa meningkat sebesar 51,17%. Siklus II mengalami peningkatan keaktifan dengan prosentase sebesar 71,18%. Dari hasil yang diperoleh siklus I daB II di atas dapat disimpulkan bahwa dengan strategi Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII D SMP Negeri 3 Kartasura tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Index Card Match, keaktifan siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Jun 2014 11:35 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29611 |
Actions (login required)
View Item |