Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Sosiodrama Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi I Blimbing Kecamatan Sambirejo - Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Fadliyah, Alimatul and , Drs. Surtikanti, M.Pd. and , Drs. Haryono Yuwono,.S.E. (2014) Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Sosiodrama Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi I Blimbing Kecamatan Sambirejo - Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (727kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (432kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak dengan menggunakan permainan sosiodrama. Jenis penelitian ini Termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Peneliti ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data kemampuan sosial emosional anak melalui metode observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelompok B dan guru TK Pertiwi I Blimbing Sambirejo Sragen. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan adanya pengembangan kemampuan sosial emosional anak melalui permainan sosiodrama. Pengembangan tersebut yaitu pada prasiklus sebesar 51,75 % pada siklus I mencapai 73 % dengan pengembangan dari prasiklus sebesar 21,25 %. Pada siklus II rata-rata pencapaian anak sebesar 91 % dengan pengembangan dari siklus I sebesar 18 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan sosiodrama dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B TK Pertiwi I Blimbing Sambirejo Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sociodrama, Social Emosional.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Jun 2014 08:16
Last Modified: 19 Oct 2021 11:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29584

Actions (login required)

View Item View Item