Martiyani, Erlista and , Drs. Sumanto (2014) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Student Team Achivement Division (STAD) Dan Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (Biologi) Kelas VIII SMP Negeri 2 Plupuh, Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
4._Halaman_Depan.pdf Download (372kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (149kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Nasakah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi.pdf Download (458kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran STAD dan GI dengan minat belajar bila diterapkan dalam mata pelajaran IPA (biologi) pada siswa kelas VIII SMP N 2 Plupuh tahun pelajaran 2013/2014. Peneiltian ini dilakuan di SMP N 2 Plupuh Sragen pada bulan Februari 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen pendidikan, sampel yang diambil secara purposive sampling dari 92 siswa yang dibagi menjadi 3 kelompok penelitian, yaitu 2 kelompok sebagai kelas eksperimen dan 1 kelompok sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan adalah instrumen hasil belajar dan angket minat belajar. Hasil belajar kelompok perlakuan1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD memperoleh rata-rata nilai hasil belajar 74,13 dan nilai rata-rata angket minat belajar 76,45, perlakuan 2 dengan menggunakan model kooperatif GI memperoleh rata-rata 73,23 dan nilai rata-rata angket minat belajar 70,63, kelompok kontrol memperoleh rata-rata 71,03 dan nilai rata-rata angket minat belajar 64,35, kemudian setelah melakukan uji lanjut menggunakan two way anova melalui SPSS 15.00 diperoleh nilai fhitung interkasi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa sebesar 5,307 sedangkan ftabel pada taraf signifikasi 0,05 sebesar 2,21 atau fhitung > ftabel. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak atau Ha menyatakan Model pembelajaran STAD dan GI serta minat belajar siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif kelas VIII SMP Negeri 2 Plupuh, Sragen tahun pelajaran 2013/2014 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD memberikan pengaruh yang signifikan bila dibandingkan dengan model GI terhadap hasil belajar Biologi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran STAD, pembelajaran GI, hasil belajar, minat belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 10:20 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 11:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29560 |
Actions (login required)
View Item |