Pengaruh Ice Breaking Dan Media Poster Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas III Siswa SD Negeri Pajang 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Khadiyanti, Isti and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Pengaruh Ice Breaking Dan Media Poster Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas III Siswa SD Negeri Pajang 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
jurnal_publikasi_fulltext.pdf

Download (587kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh Ice breaking terhadap minat belajar, 2) pengaruh media poster terhadap minat belajar, 3) pengaruh ice breaking dan media poster terhadap minat belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III SD Negeri Pajang 3 Surakarta yang berjumlah 41 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan dokumentasi, observasi dan angket. Sebelum diujikan kepada sampel, pada instrumen angket dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terlebih dahulu. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji T, dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 35,003 + 0,292 X1 + 1,176 X2. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) pada variabel pertama (X1) yaitu ice breaking tidak berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan thitung < ttabel atau 0,557<2,032 (α = 0,05). (2) media poster berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan thitung > ttabel atau 2,320>2,032 (α = 0,05) (3) ice breaking dan media poster secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa SD Negeri Pajang 3 Surakarta. Terlihat dari hasil uji F yang memperoleh fhitung sebesar 4,971 dengan ftabel sebesar 4,121 pada taraf signiiikan 5%. (4) hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,124, dengan kontribusi ice breaking 0,875% dan media poster 12,404% maka minat belajar 13,28% dipengaruhi oleh ice breaking dan media poster, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain dari pembelajaran yang dilakukan yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ice breaking, media poster, minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 12:58
Last Modified: 20 Oct 2021 00:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29536

Actions (login required)

View Item View Item