Khasanah, Nikmatun and , Dr. Darsinah, M. Si and , Drs. Haryono Yuwono,.SE.,M.Pd (2014) Pengaruh Lingkungan Keluarga Demokratis Terhadap Minat Belajar Anak Kelompok B D TK Desa Sumberejo Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
DEPAN.pdf Download (537kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (212kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBIKASI_ILMIAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga demokratis terhadap minat belajar anak di TK desa Sumberejo kecamatan Kerjo kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh lingkungan keluarga demokratis terhadap minat belajar anak di TK desa Sumberejo kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh anak TK di desa Sumberejo, kecamatan Kerjo, kabupaten Karanganyar, yaitu TK Mekar Harapan, TK Sudirman, dan TK Sumber Ceria. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 140 anak, sampel yang ditetapkan 25% dari populasi, yaitu sebanyak 35 anak. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana, uji t, uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: Hasil uji regresi linear sederhana dengan persamaan Y = a+bX = 28,650+1,265 diperoleh nilai koefisien regresi lingkungan keluarga demokratis positif, sebesar 1,265. (1) Hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar5,543lebih besar dari ttabel (nilai ttabel diperoleh dari α/2 ; n-k atau 0,05/2 ; 35-1 = 0,025 ; 34 = 2,042), artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara individual antara lingkungan keluarga demokratis dengan minat belajar anak. (2) Hasil uji R2 diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,466 atau 46,6%, artinya variabel minat belajar anak dijelaskan variabel lingkungan keluarga demokratis. Kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga demokratis dengan minat belajar anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan keluarga demokratis, minat belajar anak. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 18 Jun 2014 13:11 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 14:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29481 |
Actions (login required)
View Item |