‘Ain, Qurrotul and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (30MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (951kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi belajar matematika siswa kelas VII SMP yang meliputi aspek mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mengajukan ide dalam matematika, bekerjasama dalam kelompok. Jenis dari penelitian ini, yaitu kualitatif berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Strategi pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini, yaitu Course Review Horay. Subjek yang menerima tindakan siswa kelas VIIF SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data secara diskripsi kualitatif. Keabsahan data diuju dengan teriangulasi penyidik. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kemampuan komunikasi belajar siswa dari keempat aspek, yaitu 1) siswa yang mampu mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 9,36% dan setelah tindakan menjadi 62,5%, 2) siswa yang mampu menjawab pertanyan sebelum tindakan 15,62% dan setelah tindakan menjadi 71,87%, 3) siswa yang mampu mengajukan ide dalam matematika sebelum tindakan 15,62% dan setelah tindakan menjadi 65,62%, 4) siswa yang mampu bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 31,25% dan setelah tindakan menjadi 78,12%. Adanya peningkatan dari keempat aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan komunikasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Course Review Horay; Kemampuan Komunikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Jun 2014 12:35 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 12:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29454 |
Actions (login required)
View Item |