Penerapan Strategi Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2013/2014

‘Ain, Qurrotul and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (951kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi belajar matematika siswa kelas VII SMP yang meliputi aspek mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mengajukan ide dalam matematika, bekerjasama dalam kelompok. Jenis dari penelitian ini, yaitu kualitatif berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Strategi pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini, yaitu Course Review Horay. Subjek yang menerima tindakan siswa kelas VIIF SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data secara diskripsi kualitatif. Keabsahan data diuju dengan teriangulasi penyidik. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kemampuan komunikasi belajar siswa dari keempat aspek, yaitu 1) siswa yang mampu mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 9,36% dan setelah tindakan menjadi 62,5%, 2) siswa yang mampu menjawab pertanyan sebelum tindakan 15,62% dan setelah tindakan menjadi 71,87%, 3) siswa yang mampu mengajukan ide dalam matematika sebelum tindakan 15,62% dan setelah tindakan menjadi 65,62%, 4) siswa yang mampu bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan 31,25% dan setelah tindakan menjadi 78,12%. Adanya peningkatan dari keempat aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan komunikasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay; Kemampuan Komunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 12:35
Last Modified: 14 Sep 2016 12:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29454

Actions (login required)

View Item View Item