Solikin, Muhamad and , Dr. M. Muinudinillah Basri, M.A. and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. (2014) Konsep Pendidikan Anak Dalam Keluarga Berdasarkan Surat Al-Ahqaaf ( Telaah Atas Tafsir Fi Zilalil Qur’an Dan Tafsir Al-Mishbah ). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (166kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (260kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (206kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (67kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
Abstract
Keluarga merupakan satuan sosial terkecil yang diikat oleh perkawinan. Melalui keluarga dilahirkan anak keturunan. Anak merupakan amanat Allah Swt. kepada orang tua. Oleh karena itu, orang tua bertanggung jawab atas pendidikan anaknya dan mengisi kefitrahan itu dengan keimanan dan keikhlasan, sehingga memiliki akhlak yang mulia dan menjadi anak yang shalih dan shalihah. Keluarga merupakan lembaga pertama dan utama dalam mendidik akidah anak. Melalui keluarga anak mulai mengenal dasar-dasar keislaman. Dan dengan bekal pendidikan dalam keluarga, anak akan mengembangkan pendidikannya melalui lembaga-lembaga formal. Dengan demikian, pendidikan dalam keluarga menjadi peletak dasar bagi pendidikian berikutnya. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui dan membuktikan akan esensi Islam sebagai Agama yang syamil-mutakammil (komperehenship) dalam menjelaskan akan pentingnya pendidikan keluarga untuk membangun karakter anak yang beradab dan bermartabat melalui penenaman nilai-nilai kebajikan ”Ihsan” dan “Uffin” diantaranya adalah konsep pendidikan anak dalam keluarga berdasarkan surat Al-Ahqaaf ayat 15-20 menurut pandangan Sayyid Qutb dalam tafsirnya ”fi Zilalil Qur’an” dan M. Quraish Shihab dalam tafsirnya ”Al-Mishbah”. Penulis menggunakan penelitian studi kualitatif komparatif dengan metode Library Research. Banyak sekali ayat-ayat al-Qur’an yang membahas tentang anak, akan tetapi ketika kita memahami, mendalami dan menganalisa, secara mendalam dalam setiap ayat Al-Qur’an mempunyai kandungan makna yang sangat luas. Inilah bukti kemukjizatan Al-Qur’an. Maka, sudah seharusnya lah umat Islam menjadikannya petunjuk dalam semua lini kehidupan. Islam selalu memotivasi umatnya untuk terus berkarya dan berusaha menciptakan suasana keluarga yang kondusif dan Ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga Ideal, akan sangat memperhatikan pengtingnya menumbuhkan persepsi, pandangan hidup, perasaan, amalan, dan perilaku bagi semua anak yang dilandasi 5 pilar ; Keimanan, Birul Wa Lidain atau Ahlakul Karimah, Bersyukut atas nikmat Allah, Kesabaran dalam menyelesaikan perbagai problematika kehidupan, dan komitmen terhadap janji dan amanah.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak, pendidikan, keluarga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Jun 2014 08:50 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29404 |
Actions (login required)
View Item |