Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Audio Visual Untuk Anak Kelompok B Di Tk Teladan Ppi Kuwungsari Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Sari, Henni Ita Permata and , Sri Slamet S,Pd., M.Pd. and , Wili Astuti, S.Pd, M.Hum (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Audio Visual Untuk Anak Kelompok B Di Tk Teladan Ppi Kuwungsari Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (482kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui penggunaan media audio visual pada anak kelompok B TK Teladan PPI Kuwungsari Sragen. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan yang dilakukan dalam siklus secara berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data kemampuan bahasa anak yang diambil melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B dan guru TK Teladan PPI Kuwungsari Sragen. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bahasa anak melalui media audio visual. Peningkatan tersebut yaitu pada prasiklus sebesar 40,15%, pada siklus I mencapai 61,74% dengan peningkatan dari prasiklus sebesar 21,59%. Pada siklus III rata-rata pencapaian anak sebesar 83,71% dengan peningkatan mencapai 21,94%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media audio visual dapat meningkatkan kemampuan bahasaanak kelompok B di TK Teladan PPI Kuwungsari Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuanbahasa, media audio visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2014 14:34
Last Modified: 19 Oct 2021 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29292

Actions (login required)

View Item View Item