Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis Karangan Melalui Media Gambar Berseri Siswa Kelas V SDN 2 Karangnongko Tahun Ajaran 2013/2014

Sumiyati, Rahayu Danik and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum (2014) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis Karangan Melalui Media Gambar Berseri Siswa Kelas V SDN 2 Karangnongko Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi )
Naskah_publikasi.pdf

Download (489kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (427kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui media gambar berseri siswa Kelas V SD Negeri 2 Karangnongko tahun 2013. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data aspek kognitif dengan tes tertulis dan data tentang aspek afektif dan psikomotorik menggunakan pengamatan. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dengan teknik deskriptif komparatif untuk membandingkan hasil antar siklus. Hasil pelitian ini menunjukkan Peningkatan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia aspek menulis karangan. Peningkatan aktivitas siswa menunjukkan kemajuan dari kondisi awal rata-rata sebesar 58,33 %, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I dengan menggunakan media pembelajaran gambar berseri menjadi sebesar 76,19 %, dan setelah diberi tindakan pada siklus II menjadi sebesar 82,14 %. Peningkatan hasi belajar menunjukkan kemajuan kondisi awal rata-rata sebesar 50, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi sebesar 60,89, dan setelah diberi tindakan pada siklus II menjadi sebesar 69,14. Ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 36 %, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi sebesar 50 %, dan setelah diberi tindakan pada siklus II menjadi sebesar 86 %. Berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan : “ diduga penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia aspek menulis karangan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karangnongko tahun 2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar Bahasa Indonesia, menulis karangan, gambar berseri.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 May 2014 11:58
Last Modified: 14 Oct 2021 06:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29138

Actions (login required)

View Item View Item