Widodo, Widodo and , Drs. yakub Nasucha, M.Hum. (2014) Upaya Meningkatkan Keberanian Bertanya Dan Hasil Belajar IPS Materi Peta Dengan Model Jigsaw Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sidomulyo Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (392kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03_halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftra Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keberanian bertanya dan hasil belajar IPS materi peta dengan model Jigsaw bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidomulyo Delanggu Klaten tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, dokumentasi, catatan lapangan, test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis kritis yang bersifat deskriptif komparatif. Dengan teknik deskriptif komparatif, peneliti dapat menganalisis data yang telah dikumpulkannya dengan cara membandingkan siklus.Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keberanian bertanya dan hasil belajar IPS materi peta dengan metode Jigsaw pada siswa kelas IV. Peningkatan keberanian bertanya dan hasil belajar dapat dilihat dari aspek keberanian bertanya siswa hasil pra siklus sebanyak 5 siswa yang berani bertanya atau sebesar 20%. Kemudian pada siklus I siswa yang berani bertanya meningkat menjadi 13 siswa atau sebesar 52%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 21 siswa atau sebesar 84% atau meningkat sebesar 8 siswa (32%) dari siklus I. Sedangkan pada aspek hasil belajar pra siklus sebanyak 7 siswa yang bisa mencapai nilai KKM atau sebesar 28%. Kemudian pada siklus I siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 16 siswa atau sebesar 64%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 21 siswa atau sebesar 84% atau meningkat sebesar 5 siswa (20%) dari siklus I. Dapat disimpulkan penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan keberanian bertanya dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidomulyo Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi peta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jigsaw, keberanian bertanya, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 May 2014 08:09 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29131 |
Actions (login required)
View Item |